segala bentuk isi dan materi iklan diluar tanggung jawab blog Rahasto Gunawan

Jumat, 18 November 2011

Aksi Jambret di KRL Ekonomi Jadebotabek

kalau males bacanya, langsung liat videonya aja gan..

ane cuma sekedar sharing aja atas kejadian yang ane liat langsung. semoga dari semua ini kita bisa lebih berhati-hati dan waspada terhadap tindak kejahatan, terutama kaum Wanita.

sebelumnya ane pernah ngeliat ada aksi penjambretan di Kereta Ekonomi Jakarta-Bogor.
tanggal 3 maret 2011 ane baru pulang dari kantor di Bogor menuju Jakarta naik KRL Ekonomi yg harganya Rp.2000.
nah pas di stasiun Bojong Gede ada ibu-ibu di depan ane dijambret kalungnya
(tau tuh kalung emas/imitasi). trus tuh jambret yg beraksi dipinggir pintu kereta langsung lompat keluar diikuti 2 orang temannya.
besoknya pas ane berangkat ke kantor lg ada kejadian penjambretan lg di stasiun Cilebut. yg kali ini korbannya ibu-ibu yg duduk deket pintu yg lg asik mainin HP-nya. saat kereta berhenti di stasiun Cilebut dan selesai naik turun penumpang jalanlah tuh kereta secara perlahan. tiba2 disaat kereta mulai berjalan dgn cepat tuh jambret yg dari tadi diri di pintu kereta langsung narik HP yg dipegang tuh ibu-ibu td dan langsung lompat keluar. dan gak lama kemudian 2 orang temennya ikut turun melompat dari kereta.

nah dari dua kejadian ini pas pulangnya ane mo coba selidiki tuh kawanan jambret. ane pulang jam 5 sore dari kantor, sampe stasiun jam 17.15. ane naik kereta ekonomi, karena kebetulan kereta ini yg duluan jalan dari pada kereta AC Ekonomi.

kereta berangkat dari St.Bogor jam 17.30 meluncur ke stasiun pertama yaitu St.Cilebut. Nah di stasiun ini ane ga sengaja ngeliat ada 3 orang yg mencurigakan. mereka naik kereta dari gerbong 7 (gerbong kedua dari belakang). Normalnya penumpang kan klo naik trus langsung nyari tempat untuk berdiri (karena udah penuh). nah yg 3 orang ini gak langsung nyari tempat berdiri yg nyaman. malah celingak celinguk ngeliatin penumpang yg lg duduk. klo orang lain yg ngeliat mereka sih pd nganggap biasa aja. tp ane malah curiga, jgn2 ini kawanan jambretnya (meskipun belum pasti sih).
trus ane liatin terus tuh 3 orang tadi. setelah kereta jalan dari st.Cilebut, nah tuh jambret yg satu berdiri di deket pintu, terus yg dua lg menyusul diri di deket pintu jg. karena ane penasaran ane cb lebih mndekati meskipun masih jauh jarak ane sm tuh jambretnya. ane mikir klo tuh jambret pd diri di situ berarti kan ada mangsa deket situ tuh... pas ane liat ternyata bener aja ada ibu2 pake kalung menjuntai keluar (ga tau itu kalung emas atau bukan). klo selain ibu2 ini tuh ga da yg mncolok penampilannya, dikanan kirinya jg ga da yg megang/mainin HP. jd menurut ane siapa lg korbannya klo bukan tuh ibu2. trus ane ngeluarin HP dari tas bwt ngerekam aksi penjambretan . kali aja bener tuh org td adlh jambret (mekipun blom tentu jg).

trus kereta berhenti di stasiun berikutnya di St.Bojong Gede.  nah biasanya itu jambret beraksi ketika kereta mulai bergerak perlahan dari stasiun. setelah dikira kecepatan kereta mulai bertambah tuh jambret akan menarik barang milik korbannya dan langsung lompat keluar. klo bgitu kan ga da yg bisa ngejar tuh jambret, kcuali ada yg berani nyusul lompat dan duel ama 3 jambret. nah pas di st.Bojong Gede tuh ibu2 yg pake kalung tadi turun. nah berarti kan ga da korban tuh. akhirnya ga ada aksi penjambretan (bersyukur ane gan).

ternyata tuh jambret masih nyari mangsa lg gan. yang satu pindah ke pintu lainnya. yg dua nyusul tp ga lama terus ninggalin temennya yg pertama td tetep di pintu itu. nah tuh mereka yg berdua jalan terus pindah gerbong.
ane cb mndekati jambret yg pertama td yg dideket pintu. ane liat di tangannya ada tatto gan, ane berpikir mungkin ini preman pasar kali. trus ane liat penumpang disekitarnya, ga ada yang mencolok sm sekali. tp itu mnurut ane, tau jg dah klo tuh jambret emang udah punya mangsanya. trus ane pindah gerbong mo nyari yg dua lg td.

ane maju ke gerbong 6 tp ga nemuin mereka gan. ane cb lanjut lg ke depan ke gerbong 5, eh akhirnya ane nemuin tuh dua orang. yg satu berdiri di pintu, yg satu lg di dalem. trus ane liat dideket pintu itu ada cewek lg asik mainin HP, mungkin kali ini dia yg jd mangsanya. tp ane jg blom tau pasti karena bner/ga tuh orang td jambret beneran.

trus ane kluarin HP lg, siap untuk merekam. klo ternyata dia emang bukan jambret yg syukurlah, tp klo emang tuh jambret kan hasil videonya bisa bwt share ke temen2 agar lebih waspada terhadap jambret di kereta.
untuk kelanjutannya agan2 bisa liat di video ini

maap klo videonya gelap, maklum kereta ekonomi.

atau langsung ke tkp URL="http://www.youtube.com/watch?v=vr6GhFKNgzI"
sekedar tips untuk para penumpang KRL Ekonomi JABODETABEK terutama penumpang wanita :
1. Jangan pakai perhiasan mencolok, apalagi emas asli.
2. Jangan mainin HP saat di dalam kereta, apalagi di deket pintu
3. Sebisa mungkin jangan berdiri/duduk deket pintu, kalau pun terpaksa lihat poin1, dan 2 di atas.


Sekian dari ane semoga bermanfaat, Terima Kasih
Ane berharap dengan adanya postingan ini kita bisa lebih waspada terhadap tindak kejahatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar